Store Improvement Project

Dasar Pemikiran

Perkembangan industri ritel dalam beberapa tahun terakhir berkembang dengan sangat pesat di berbagai belahan dunia. Industri ritel kini telah menjadi bagian yang sangat penting bagi pelaku usaha yang ingin mendistribusikan produknya sampai di tangan konsumen.

Industri ritel berkembang seiring dengan perubahan yang juga terjadi pada masyarakat. Tingkat pendapatan masyarakat yang terus berkembang telah menyebabkan terjadinya segmen-segmen konsumen yang menginginkan adanya perubahan dalam model pengelolaan industri ritel. Apabila semula ketersediaan barang menjadi  acuan utama sebuah industri ritel  untuk didatangi konsumen, maka kini kebutuhan konsumen semakin bervariasi, kedatangan konsumen tidak hanya dipicu oleh ketersediaan barang  tetapi juga menyangkut berbagai hal  lain yang dekat dengan aspek psikologis konsumen, seperti kompetisi harga,  kebersihan,  kenyamanan, keamanan lingkungan, lokasi yang bergengsi dan sebagainya.   Kecenderungan ini merupakan sebuah hal yang tidak dapat dihindari lagi dalam perkembangan ritel saat ini.

Perkembangan industri ritel yang demikian pesat  harus direspons juga dengan cepat melalui peningkatan kompetensi dan langkah- langkah strategis yang mendukungnya.  Penerapan manajemen ritel yang profesional, peningkatan pelayanan, perbaikan infrastruktur dan pola kemitraan antar pelaku ritel menjadi penting  untuk dilakukan.

Kami   Sekolah Ritel   hadir untuk menggerakan   usaha  dan membangun kompetensi SDM pengelola ritel  melalui  jasa layanan  pelatihan dan konsultansi   dibidang   usaha perdagangan eceran kecil, menengah dan ritel koperasi  melalu program  Store Improvement Project for Retail Koperasi.

Maksud dan Tujuan Pelatihan

 

Untuk menyiapkan  SDM yang kompeten berdasarkan kebutuhan ritel khususnya  diperlukan proses pembelajaran yang mengacu pada standar kompetensi,  link and match  dengan bisnis ritel itu sendiri.    Store Improvement Project for Retail Koperasi   didesain dengan pendekatan langsung  meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja  SDM pelaku ritel  sesuai dengan tuntutan profesionalitas dan kebutuhan dunia industri ritel saat ini.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan pelatihan adalah agar pengelola  ritel koperasi :

 

  1. Mampu mengenali dan memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan/customer di toko koperasi,
  2. Mampu mendeteksi peluang-peluang yang ada dan menindaklanjutinya untuk meningkatkan volume

 

Melalui    program unggulan kami    Store Improvement Project for Retail Koperasi  kami akan  membantu  meningkatkan kemampuan dari masing – masing individu pengelola ritel koperasi  terutama yang berkaitan dengan  konsep dan tata cara/teknik  bisnis ritel/eceran dengan menerapkan tata kelola usaha bisnis ritel yang baik. Setelah  mengikuti pelatihan ini  pengelola ritel koperasi diharapkan  dapat  mengembangkan diri  dalam melihat peluang usaha baru dan bagaimana menjalankan usaha ritelnya menjadi lebih meningkat lagi.

Strategi dan Metode Pelatihan

Dalam penyampaian materi pelatihan, digunakan strategi dan metode  penerapan belajar untuk orang dewasa (andragogy), berbasis standar kompetensi kerja yang ditetapkan,  belajar berdasarkan kasus  (problem based learning))  dan pengalaman di lapangan (experiental learning)  serta berorientasi pada peserta (participant centre).

Program pelatihan dan pengembangan ini menggunakan metode 20% teori dan 80% persen praktek ditoko koperasi/ store dan disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan pada umumnya.

Pada pelatihan/training ini, peserta pelatihan  akan  diajak untuk  mengikuti standar  kerja operasional bisnis dan sikap kerja di bidang ritel koperasi.  Peserta akan mengetahui dasar-dasar operasional yang dilakukan di toko  selama ini,  kemudian  melakukan analisa sebelum mengambil keputusan terkait dengan pekerjaan di ritel koperasi dan bagaimana cara  membaca trend produk yang sedang berkembang di masyarakat serta peluang yang dapat ditangkap dan dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

Waktu dan Tempat Pelatihan

 

  • Pelatihan diadakan selama 2 (dua) hari berturut-turut
  • Pelatihan akan dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan bersama atau maksimal 7
  • (tujuh) jam efektif
  • Setiap angkatan/batch terdiri dari 15 (minimal) orang peserta
  • Tempat pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan, bisa secara klasikal dan/atau    ditoko koperasi ritel.

Biaya Investasi Pelatihan

 

  • Untuk terlaksananya kegiatan ini, maka investasi yang diperlukan adalah sebesar
  • :  Rp.1.500.000-, / peserta
  • Peserta akan mendapatkan fasilitas : konsumsi, training kit dan sertifikat pelatihan

 Info hub : Marketing SRI HP. 081511550008